Tingkatkan Kebutuhan Pangan, Wawako Psp Serahkan Bantuan

P.SIDIMPUAN: Wakil Wali Kota (Wawako) Padangsidimpuan (Psp) Arwin Siregar menyerahkan bantuan benih padi varietas mekongga dan alat mesin pertanian kepada kelompok tani di Kota P.sidimpuan, Rabu (6/10/2021) di Kantor Dinas Pertanian Kota P.sidimpuan.

Wawako Arwin menyampaikan dengan penyerahan bantuan benih dan alsintan ini dapat meningkatkan produksi pangan khususnya beras. Apalagi ini adalah benih varietas unggul bersertifikat.

“Dinas Pertanian selayaknya mendampingi kelompok tani di Kota P.sidimpuan untuk penerapan teknologi kepada para petani, dengan demikian diyakini dapat berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas dan mutu hasil komoditas tanaman pangan”, kata Wawako.

P.sidimpuan sebagai daerah perkotaan memiliki tantangan dalam pemenuhan kebutuhan pangan di Kota P.sidimpuan, seiring dengan laju pertumbuhan penduduk di Kota P.sidimpuan harus dibarengi dengan peningkatan hasil produksi pertanian baik dilahan-lahan pertanian yang luas maupun dilahan-lahan sempit, katanya.

Kadis Pertanian Kota P.sidimpuan Parimpunan Siregar dalam laporannya menyebutkan, bantuan yang akan diserahkan antara lain fasilitas pemotongan unggas sebanyak 2 unit untuk 2 kelompok tani merupakan bantuan dari Provinsi Sumatera Utara.

“Juga kami tambahkan sebagai laporan kepada Bapak Wakil Wali Kota, Pemko Padangsidimpuan mendapat bantuan benih padi varietas mekongga sebanyak 25 ton atau seluas 1000 Ha yang telah di realisasikan pada Bulan Juni 2021 kepada 77 Kelompok Tani.

Kemudian, melalui program Peningkatan Indeks Pertanaman (PIP) Sumber APBN 2021 sebanyak 21.075 Ton atau seluas 581 Ha yang telah direalisasikan pada 16 September 2021 kepada 87 Kelompok Tani”, papar Parimpunan.

Selain itu untuk menampung dan prosesing hasil komoditas holtikultura Kementan RI telah memberikan bantuan bangsal pascapanen pada kegiatan pengelolaan dan pemasaran hasil holtikultura berupa bangunan gudang penyimpanan dan bantuan Kenderaan Roda 3 sebanyak 1 unit untuk kelompok tani Suka Maju Desa Aek Najaji, katanya.(Irul Daulay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *