Syah Afandin Ingin Jadikan Langkat Pusat Tanaman Kedelai di Sumut

LANGKAT – Plt.Bupati Langkat H.Syah Afandin,SH melaksanakan gerakan tanam kedelai ,di Areal Gapoktan Cinta Damai Desa Paya Rengas Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Kamis (2/3/2023).

Program tersebut dilakukan untuk mendukung peningkatan luas tambah tanam, Produksi dan Provitas Kedelai di kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin sangat berbahagia, dan mengatakan terbukti perhatian pemerintah pusat kepada Kabupaten Langkat ini, bukan hal yang mudah 5000 hektar untuk tahap pertama dibantu untuk bibit kedelai sudah disampaikan, dengan tujuannya supaya langkat ini sebagai barometer untuk produksi kedelai di Provinsi Sumatera Utara.

“Hari ini kebahagiaan saya datang dikarenakan masyarakat mempunyai jalan keluar untuk mengatasi persoalan-persoalan-persoalannya terutama para petani hari ini kita dibantu gratis untuk benih kedelai bahkan sudah panen beliau sendiri juga membeli hasil panen bapak/ibu tetapi di jadikan benih kedelai yang siap untuk di tanam dan akan di hargai 15 rb- 18 rb/Kg,” ujarnya.

Kedelai merupakan kebutuhan nasional dalam negeri Karena kita masih mengimpor kedelai dari luar sementara lahan kita cukup.

Syah Afandi juga siap untuk menampung 30 Ribu Hektar apabila di percayakan untuk menanam kedelai, kita bisa bekerja sama dengan kelompok-kelompok lain untuk menanam kedelai.

“Ini bukan merupakan tanaman yang sulit yang penting petani mau untuk menjadi jalan keluar bagi para petani, Saya mau Langkat menjadi Centra tanaman kedelai di Sumatera Utara mengatasi inflasi saat ini yang terjadi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara Rajali,S.Sos, M.SP menyampaikan bahwa Kabupaten Langkat dulunya merupakan merupakan penghasil kacang kedelai yang sangat bagus, dan kami pemerintah Provinsi Sumatera Utara fokus untuk mengembalikan kabupaten langkat menjadi penghasil kedelai terbesar di sumatera utara ucapnya.

Komunitas kedelai di langkat saya Harapan nantinya menjadi langkat sebagai penghasil kedelai terbesar di sumatera utara.”Kepada Bapak Ibu sekalian aya ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Direktur AKABI Kementrian Pertanian RI dan Terima kasih kepada bapak Plt.Bupati yang sudah menyiapkan lahan Rp5.000 hektar diangkat,” ucapnya.

Kami dari Kementerian Pertanian RI membawa berita gembira untuk para kelompok petani kedelai di langkat melakui Direktur AKABI, saya mau minta tolong kepada bapak/Ibu untuk dihabiskan dana dan anggaran di kementrian, dikarenakan tahun lalu 200 Milyar di kembalikan kepada negara karena petani tidak mau menanam kedelai di karenakan harga jual yang murah, dari pada di kembalikan mari kita tananam kedelai ucapnya.

Direktur AKABI Kementrian PertanianIr.Yuristianto MM juga sangat senang dalam kegiatan ini, kegiatan ini bukan rekayasa karena terlihat dari tempat acara tampak petani juga masih pada bekerja seperti yang terjadi di depan kita ini tolong wartawan diekspos.

“Saya targetkan untuk Provinsi Sumatera Utara 30.000 hektar yang akan tanami kedelai, kedelai tidak hanya ditanam di lahan sawah tapi bisa ditanam di lahan jagung, lahan Sawit yang masih kecil,” ujarnya.

Yuris juga mengatakan jangan enggan untuk menanam kedelai di karenakan harga sekarang sudah bagus 11.500/Kg kalau lah Bapak/Ibu menjadikan untuk benih maka harga juga semangkin mahal ucapnya.

Kepada para petani bisa mendapatkan bantuan sebanyak 2 kali dalam 1 tahun dengan ketentuan 2 musim, Saya harap semua pelaksanaan nya agar tidak fiktif, apa bila bantuan yang di berikan di kerjakan fiktif maka Bapak/Ibu siap diproses.

Bibit yang akan di salurkan di kabupaten langkat berjumlah 15.500 Kg dalam 1 Hektar mendapatkan 50 kg. Dalam kesempatan ini 18 kelompok di 5 kecamatan yang mendapatkan di antaranya kecamatan Hinai,Kecamatan Stabat, Kecamatan Besitang, Kecamatan Sirapit dan Kecamatan secanggang.

Adapun pembagian sebagai berikut:

1.Hinai 5 kelompok dengan luas lahan 150 Hektar
2.Stabat 6 Kelompok dengan luas tanah 85 Hektar
3.Besitang 2 Kelompok dengan luas tanah 40 Hektar
4.Sirapit 5 Kelompok dengan luas tanah 25 Hektar
5.Secanggang 1 Kelompok dengan luas tanah 10 Hektar
(jns)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *