Sosialisasikan Komcad, Dandim 0212/TS : “Sampaikan Ke Calon Secara Detail”

SIDEMPUAN – Dandim 0212/TS Letkol Inf Amrizal Nasution melalui Kepala Staff Distrik Militer (Kasdim) Mayor Inf Alex Donald Surbakti sosialisasikan pendaftaran calon anggota Komponen Cadangan (Komcad) kepada masyarakat se Tapanuli Bagian Selatan l (Tabagsel).

Hal itu dijelaskan oleh Mayor Alex Surbakti dalam penjelasan melalui daring yang dihadiri seluruh jajaran Danramil Kodim 0212/TS pada, Jum’at (20/1/23) di Kota Padang Sidempuan.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hedrayuda yang dalam arahanya menyampaikan bahwa saat sosialisasi kepada calon Komcad agar benar-benar disampaikan secara detail.

“Butuh kerjasama dari para Dandim, Danramil dan Babinsa untuk nanti pada saat sosialisasi maupun perekrutan Latihan Dasar Militer Komponen Cadangan (Latsarmil Komcad) benar-benar disampaikan apa saja yang harus dilakukan termasuk hak apa saja yang didapat,” terangnya.

Dandim menyebutkan perekrutan anggota Komcad sangat penting atas dasar pertahanan rakyat dan kedaruratan.

“Perekrutan ini adalah tahapan penting dalam mengorganisir anggota Komcad sehingga kapanpun Negara membutuhkan, anggota Komcad dapat langsung beroperasi dengan tepat,” jelasnya.

Dijelaskan Mayjen TNI Dadang Hedrayuda, bahwa selain melalui website secara online pendaftaran yang di mulai Tanggal 2 Januari sampai 14 April 2023 juga bisa langsung ke masing-masing Korem jajaran Kodam l/Bukit Barisan.

“Sebagai persyaratan yang diantaranya, Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, setia kepada NKRI, batas usia antara 18 sampai 35 Tahun, sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki catatan kriminalitas,” ungkapnya.

Untuk seleksi administrasi, kata Dadang, surat lamaran, KTP, KK, surat keterangan dari Kades, SKCK, ijazah pendidikan terakhir, foto ukuran 4×6 layar merah, surat keterangan kesehatan, daftar riwayat hidup dan bersedia menandatangani surat pernyataan kesanggupan untuk mengikuti Latihan Dasar Militer Komponen Cadangan.

Diketahui, sesuai dengan rencana pada tanggal 17 sampai 25 April 2023 seleksi Administrasi di Korem kemudian di lanjut seksi kompetensi 26 April sampai 5 Mei.

“Yang dinyatakan lolos pada tanggal 5 Mei mengikuti seleksi di tingkat Rindam l/ Bukit Barisan dan bagi yang dinyatakan lulus akan mengikuti pendidikan dari tanggal 8 Mei sampai 5 Agustus 2023,” jelasnya

Sementara Bupati Dolly Pasaribu mengatakan, saya mendukung dan menyambut baik dengan diadakannya Sosialisasi Rekrutmen Personil Komponen Cadangan ini.

“Dimana tujuan sosialisasi ini merupakan penguatan pertahanan melalui masyarakat sipil dan ASN, demi terjaganya keamanan, kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari paham radikal dan terorisme,” ujar Dolly. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *