Rumah Isoter Sergai Siap Tampung 60 Warga

SERGAI – Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kini punya Rumah Isolasi Terpusat (Isoter) yang bisa dikatakan salah satu yang terbaik di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya saat meresmikan Rumah Isoter yang terletak di Kompleks Replika Istana Sultan Serdang, Kecamatan Perbaungan, Jumat (3/9/2021).

“Masyarakat yang dinyatakan terpapar atau positif Covid-19 sudah tidak perlu lagi takut menjalankan prosedur isolasi. Sekarang sudah tersedia Rumah Isoter yang fasilitasnya lengkap, nyaman, asri dan tentunya gratis ditanggung oleh Pemkab Sergai,” ucap Bupati Sergai sembari menambahkan, sesuai laporan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, rumah isoter ini dilengkapi dengan Smart TV, Wifi, dan fasilitas pendukung lainnya.

Dia kemudian menyebut, Rumah Isoter ini awalnya merupakan rumah dinas yang diperuntukkan bagi para Kepala OPD. Namun setelah melewati proses kajian, akhirnya diputuskan agar dialihfungsikan sebagai tempat penanganan dan isolasi bagi warga Sergai yang terjangkit virus asal Wuhan.

Darma Wijaya merinci, ada total 15 rumah yang difungsikan sebagai lokasi isoter di mana masing-masing rumah terdiri dari 2 kamar dengan masing-masing kamar berkapasitas 2 tempat tidur, sehingga jika ditotal maksimal bisa menampung 60 orang.

“Rumah isoter ini sudah mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Jadi sudah memunuhi standar. Namun ada beberapa syarat untuk warga yang ingin menjalani proses isolsai di sini yaitu harus berusia di atas 45 tahun ke atas dan termasuk dalam golongan OTG (Orang Tanpa Gejala),” terang Darma Wijaya.

Namun Bupati meminta kepada para personil Satpol-PP yang ditugaskan menjaga keamanan kompleks rumah isoter agar menjalankan tugas sebaik mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Para personil Satpol-PP yang bertugas di sini harus menjamin keamanan, bukan hanya keamanan warga yang menjalani isolasi, namun juga keamanan fasilitas yang ada. Jangan sampai ada kehilangan atau pencurian,” katanya.

Acara peresmian kemudian ditandai dengan gunting pita yang dilaksanakan oleh Bupati Sergai Darma Wijaya.

Hadir dalam peresmian ini Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, SH, MH, Dandim 0204/DS Letkol. Kav. Jackie Yudha, S Sos. M.Han, Sekdakab Sergai H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, jajaran Kepala OPD serta unsur Forkopicam Perbaungan.(Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *