Polres Toba Gencarkan Operasi Yustisi Libur Lebaran ke Tempat Wisata

TOBA – Melonjaknya pengunjung ke berbagai lokasi wisata di Kabupaten Toba, Sumatera Utara maka tak terhindarkan ada saja masyarakat lupa dengan protokol kesehatan (prokes) sehingga sebagian mereka tidak menggunakan masker.

Mencegah terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 saat liburan Idul Fitri 1443 Hijriah, khususnya tempat wisata dan keramaian, personil Polres Toba, TNI dan Satpol PP menggelar operasi yustisi penegakan protokol kesehatan (prokes) di wilayah Kabupaten Toba, Minggu (8/5/2022).

Alhasil, petugas masih saja mendapati masyakat yang tidak memakai masker. Olehnya, petugas Satuan Samapta selaku Satgas preventif membagian masker kepada pengunjung.

Tidak hanya itu, sejumlah tempat keramaian seperti di tenda-tenda dan gazebo-gazebo tak luput dari pantauan petugas. Karena disinyalir masih banyak masyarakat yang berkerumun dan belum mematuhi protokol kesehatan.

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya melalui Kasi Humas Iptu Bungaran Samosir mengatakan, masyarakat boleh saja beraktivitas secara normal pada saat melaksanakan libur lebaran tahun ini.

“Tetapi perlu diingat agar tetap mentaati protokol kesehatan, serta senantiasa mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” katanya.

Ia menyampaikan kepada petugas dan personil saat menyampaikan himbauan tentang protokol kesehatan tetap mengedepankan pendekatan secara humanis serta tidak arogan.

Kegiatan operasi yustisi dan penegakan protokol kesehatan selama libur lebaran, lanjut Bungaran, terus di gelar bersama tim gabungan dengan harapan agar semua bisa terhindar dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Ini sebagai upaya pencegahan dan sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, terutama di wilayah Kabupaten Toba,” tukasnya. (JNS-Pasrah)