PLN Lakukan Normalisasi Sistem Atasi Gangguan Kelistrikan Sumbagsel

MEDAN| Jelajahnews.id – Guna memberikan layanan maksimal terhadap pelanggan, PT PLN (Persero) terus bergerak mengatasi gangguan kelistrikan dan melakukan normalisasi atas padamnya aliran listrik, khususnya wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Diketahui padamnya aliran listrik disebabkan adanya gangguan pembangkit listrik yang terjadi pada jaringan transmisi Saluran Udara Ekstra Tinggi (SUTET) Lubuk Linggau – Lahat 2 di Pulau Sumatera yang terjadi pada Selasa (4/6) kemarin.

General Manager PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sumatera, Daniel Eliawardhana mengatakan, Rabu (5/6) proses normalisasi sistem kelistrikan sedang berlangsung secara bertahap.

“Kami mengerahkan ratusan personel yanLg diterjunkan di lapangan sebagai upaya untuk memulihkan kembali sistem kelistrikan yang terdampak. Kami juga telah melakukan manajemen pengaturan beban untuk menjaga kestabilan listrik di seluruh Pulau Sumatera,” tuturnya.

Luas jaringan transmisi di Pulau Sumatera yaitu 20.550 kilo meter sirkuit (kms) menjadi salah satu tantangan untuk personel PLN menemukan titik gangguan.

Seluruh GI yang terdampak akhirnya berhasil dinormalkan kembali pada pukul 17.45 WIB. Selanjutnya proses masuknya listrik dari pembangkit ke pelanggan akan membutuhkan waktu sekitar 8-12 jam khususnya PLTU.

Daniel manambahkan, PLN terus berkoordinasi dengan _Stakeholder_ dan pihak terkait dalam pemulihan pasokan listrik di daerah-daerah terdampak.

“Kami PT PLN (persero) menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para pelanggan saat ini. Petugas kami terus berupaya secepat mungkin untuk melakukan upaya-upaya normalisasi kelistrikan,” tandasnya. (JN-Irul)