Pemkab Toba Resmikan Jabu Parsaktian Raja Pandua Domitan Pardede

Daerah, Ekonomi, Toba1,485 views

TOBA – Danau Toba adalah salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Pesona alam dan keindahan pegunungan membuat wisatawan jatuh cinta dan ingin selalu kembali ke Danau Toba.

Saat merencanakan liburan, anda tentu mencari Homestay, Taman, Kios, Mini Market dan aula pertemuan untuk ditempati.

Banyak destinasi menarik dan pastinya best di pinggiran Danau Toba yang siap memanjakan aktivitas liburan anda bersama orang tersayang.

Dapatkan perjalanan liburan tak terlupakan di Kota Balige dengan menikmati ragam obyek wisata terbarunya.

Lokasi wisata strategis telah hadir di Kota Balige, tepatnya di wilayah administratif Keluhan Pardede Onan-Balige, Toba, bernama Lumban Sipariama.

Luas areal sekitar 1 hektare ini, selain Ruma Parsaktian, juga dilengkapi dengan Homestay terdiri 4 kamar, Taman, Kios, Mini Market dan aula pertemuan.

Dari lokasi ini, pemandangan Danau Toba sangat indah menawan ke arah Utara dan indahnya gugusan pegunungan di wilayah Sianipar diarah selatan, sangat jelas mempesona.

Soy M Pardede, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan yang berkenan hadir mengikuti acara peresmian rumah Parsaktian Raja Pandua Domitan Pardede.

Pemilik, Soy M Pardede yang juga keturunan Raja Pandua Domitian Pardede secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Toba atas perhatiannya kepada tempat ini sejak dimulai tahap perencanaan pembangunan hingga peresmian pada hari ini, Senin 4 Juli 2022.

“Saya berpesan kepada para pengusaha dan perantau asal Toba agar berkenan pulang kampung halaman demi mewujudkan “Martabe” (Marsipature hutana be). Program ini dahulu digaungkan oleh mantan Gubernur Sumatera Utara, Raja Inal Siregar.

Wakil Bupati Toba, Tonny Simanjuntak menyampaikan apresiasi yang tinggi juga atas dicanangkannya Lumban Sipariama menjadi salah satu desa wisata. Tonny berharap agar tempat tersebut dapat menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang diminati pengunjung

“Pemkab Toba mengucapkan syukur dan terima kasih kepada keluarga besar Soy M Pardede yang telah turut membangun kampung halamannya, dengan demikian akan membawa dampak peningkatan perekonomian lingkungan sekitar,” ucap Tonny M Simanjuntak.

Sebab, kata Tonny, pencanangan desa wisata huta Sipariama ini, merupakan sebuah solusi untuk menciptakan Multiplier effect (efek berganda) terhadap ekonomi masyarakat sekitar.

Wakil Bupati sempat menyampaikan bahwa Bupati Toba Poltak Sitorus tidak bisa hadir dalam acara tersebut. Namun tak lama berselang setelah rombongan Wakil Bupati pamitan, rombongan Bupati Toba tiba menyusul sepulang dari acara di Porsea, bersama Sekda dan sejumlah OPD.

Dalam kesempatan itu, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan, bahwa marga Pardede lah yang paling bahagia di Toba ini, karena marga Pardede yang paling banyak memberi ke Toba.

“Memberi adalah bahagian dari kebahagiaan sehingga sangat layak ditiru oleh banyak pihak. Ini contoh yang baik untuk ditiru,” kata Poltak Sitorus.

Turut hadir mendampingi Bupati dan Wakil Bupati, Plt Kadis Pariwisata Rusti Hutapea, Plt Kadis Perkim Tagor Siburian, Inisiator IAS Toba Parlin Sianipar, Kapolsek Balige, Lurah Pardede Onan, insan Pers, LSM, dan masyarakat. (JNS-JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *