Pemkab Tapsel Gelar Edukasi Bulan Inklusi Keuangan, Ini Harapan Bupati

TAPSEL-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) mengadakan acara Edukasi Bulan Inklusi Keuangan Tahun 2023 dengan menghadirkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dalam keterangan terima, Kamis (16/11) mengatakan edukasi bulan inklusi keuangan ini berkaitan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Edukasi produk keuangan/simpanan perlu untuk meminimalisir ketidakstabilan ekonomi (bisnis) masyarakat. Termasuk konsistensi perbankan terkait simpanan masyarakat dan menyalurkan pinjaman,” sebut Dolly.

Lanjut Bupati berharap ada langkah maju apalagi saat memeringati bulan inklusi keuangan. Perhatian perbankan – non bank kepada masyarakat dikuatkan menghidupkan kembali ekonomi pasca COVID-19.

“Kiranya bulan inklusi keuangan ini dapat menggerakkan pendanaan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Tapsel pasca serangan COVID-19,” kata Dolly lagi berharap.

Mengingat situasi ataupun pemahaman umumnya masyarakat terhadap produk keuangan masih terbatas begitu juga informasi yang didapatkan masyarakat juga terbatas.

“Pada dasarnya inklusi keuangan adalah konsep agar semua terlibat. Bukan hanya sekadar memberikan pembiayaan (uang) tetapi pemberdayaan sisi manajemen pengaturan keuangan,” sebutnya.

Menurut penilaian Bupati yang sudah pengalaman dalam dunia perbankan dan perencanaan keuangan. Kata dia, produk keuangan terutama produk pinjaman memiliki prinsip kehati-hatian.

Bupati juga menekankan Kepala Bagian Ekonomi, Kadis Perdagangan dan Koperasi UKM, maupun Kadis Pertanian yang bekerjasama dengan OJK untuk mendukung acara tersebut.

Acara yang di gelar di Aula Sarasi Kantor Bupati di Sipirok ini dihadiri Kepala OJK diwakili Reza Leonhard selaku Analisis Senior Deputi Direktur Pengawasan PUJK Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Pimpinan Cabang BRI Padangsidimpuan, Alde Tio Putra, pimpinan OPD, para peserta dari UMKM dan Komunitas Petani dan Para pelaku UMKM maupun pertanian.

Nara sumber dari OJK Provinsi Sumut Eva Septriani, Asisten Manager Unit Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran dan PUR Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sibolga, Abdullah Alcobi, Profesional Asisten Manajer Bidang Pengembangan Bisnis Kredit Ritel PT Bank Sumut Indra Antian Sitompul dan Relationship Manajer Kredit BRI KC Padangsidimpuan Dedi Setiawan. (JN-Irul)