Menghindari Macet Jelang Idul Fitri, Sebaiknya Pengendara Lewat Jalan Bypass Balige

TOBA – Jelang perayaan Idul Fitri 1443 H Pemkab Toba, TNI, Polri dan Kejari gelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral Operasi Ketupat Toba 2022 di Aula Harungguan Mardemak Polres Toba, Rabu (27/4/2022).

Operasi Ketupat Toba 2022 dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022.

Bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat, serta menjaga ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas, selama libur Idul Fitri baik arus mudik dan arus balik.

Informasi tahun ini, pemerintah memperbolehkan warga mudik pulang kampung dan bersilaturahmi dengan keluarga.

Sementara, untuk Kabupaten Toba diprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan yang ingin pulang kampung sekaligus kunjungan wisata.

Bupati Toba Poltak Sitorus berharap, angka kecelakaan lalu lintas di Toba bisa 0 (nihil) selama liburan ini. Ia meminta kepada Dinas Koperindag agar memantau ketersediaan bahan bakar minyak BBM di SPBU yang punya potensi memicu terjadinya kemacetan.

“Jangan sampai ada nanti persoalan terjadi karena tidak kehadiran kita. Jadi pastikan petugas kita disiplin, hadir tepat pada waktunya,” pintanya.

Sementara, Kapolres Toba, Akala Fikta Jaya juga meminta petugas bisa bersinergi serta menjalin suatu komunikasi yang baik dan saling melengkapi untuk mencapai target-target demi kepentingan bersama.

Selanjutnya, melakukan tindakan preventif (pencegahan) terjadinya kemacetan di daerah rawan seperti di Kota Balige, Laguboti, Silimbat, dan Porsea.

Disarankan, kendaraan yang lewat dapat dialihkan dari By Pass untuk mengurangi kemacetan di Kota Balige, dengan melengkapi rambu-rambu jalan dan penunjuk arah.

Seterusnya, jalan berlobang di Aek Natolu, Dinas PU diminta untuk mencari material dan paling tidak menutupi lobang tersebut. Untuk BPBD harus siaga 24 jam terhadap bencana di pantai, apalagi belakangan ini ada ditemukan beberapa kasus tenggelam.

Dalam Operasi Ketupat Toba 2022 akan disediakan 2 Pos Pengamanan, di balige dan Porsea, Pos Pelayanan di pelabuhan Ajibata dan pelabuhan Balige, juga pos pemantauan di Desa Longat.

Selama operasi berlangsung didukung tenaga Polri 98 personil, ditambah dari TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan dan Pemadam Kebakaran.

Rakor mengambil tema ‘Melalui Operasi Ketupat Toba 2022, kita wujudkan sinergi Polri dengan instansi terkait, untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H di wilayah Kabupaten Toba”. (JNS/JJ)