Lestarikan Budaya, Relawan Pasti Bobby Gelar “Jaran Kepang” di Kecamatan Medan Timur

Medan13 views

MEDAN –  Relawan Pendukung Sejati (Pasti) Bobby Medan Timur melaksanakan acara hiburan rakyat dengan menghadirkan Jaran Kepang, di Jalan Bukit Barisan Kelurahan GD II, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sabtu (07/09/24) malam.

Tampak hadir dalam acara hiburan rakyat, Ketua Relawan Pasti Bobby Kota Medan yang diwakili Wakil Sekretaris 1 Pasti Bobby Kota Medan, Amsal, Ketua Bidang Peranan Wanita Pasti Bobby Kota Medan sekaligus Pembina Pasti Bobby Medan Timur, Nofida, Penasehat Pasti Bobby Medan Timur, Sutikno, Ketua Pasti Bobby Medan Timur, Ricoanara Pardede beserta pengurus Pasti Bobby Medan Timur beserta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dalam acara hiburan rakyat, tampak warga antusias menonton pertunjukan hiburan Jaran Kepang dari Paguyuban Turonggo Siswo Mudo yang berasal dari Marelan Pasar II Timur Kompleks P&K Lingkungan 18 Kelurahan Rengas Pulau.

Di sela-sela kegiatan Wakil Sekretaris 1 Pasti Bobby Kota Medan, Amsal menyampaikan salam dan ucapan selamat atas sukesnya terlaksananya acara hiburan rakyat, jaran kepang dari Ketua Relawan Pasti Bobby Kota Medan, Hendra Yanto dan Sekretaris Pasti Bobby Kota Medan, Aris Harianto kepada Pengurus Relawan Pasti Bobby Medan Timur.

Ia pun mengapresiasi kepada Pak Sutikno sekaligus Penasehat Pasti Bobby Medan Timur yang telah menyediakan tempat pelaksanaan hiburan jaran kepang kepada warga disekitar Jalan Bukit Barisan.

“Acara ini tidak sekedar hiburan semata akan tetapi juga melestarikan budaya kepada para generasi muda bangsa,” ucap Amsal selaku Ketua Paguyuban Wartawan Hukum Sumatera Utara periode 2010-2012 dan 2012-2014.

Meskipun tarian ini berasal dari Pulau Jawa tepatnya dari Ponorogo, namun juga telah diturunkan ke generasi masyarakat Jawa di luar Pulau Jawa, seperti Sumatera Utara dan beberapa daerah lain, bahkan ada juga di luar Indonesia, seperti negara tetangga Malaysia, Suriname, Hong Kong, Jepang dan Amerika Serikat.

Kita patut berbangga hati, yang tentunya ini haruslah mendapatkan perhatian kita bersama dalam melestarikan budaya yang diwariskan kepada kita. “Kalau bukan kita siapa lagi,” ucapnya.

Senada dengan itu, Pasti Bobby Medan Timur, Ricoanara menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus mempunyai kewajiban untuk melestarikan budaya.

“Dengan hiburan ini kita juga mengenalkan budaya kepada para generasi muda bangsa,” tegasnya.

Masih dalam acara tersebut Penasehat Pasti Bobby Medan, Sutikno mengatakan pihaknya melaksanakan hiburan rakyat sekaligus memperkenal budaya warisan dari para leluhur.

“Kita mau generasi muda memahami dan mencintai seni budaya,” ucapnya.

Sementara itu, Pembina Paguyuban Turonggo Siswo Mudo, Sari Wijaya bahwa Jaran Kepang ini warisan turun menurun dari para pendahulu kita yang merupakan khasanah budaya.

Dirinya juga mengapresiasi kepada Pasti Bobby Medan Timur yang telah mengundang kami untuk menghibur warga dan sekaligus memperkenalkan budaya agar anak-anak dan generasi muda bangsa ini tidak lupa dengan sejarah dan budayanya.

“Kita dari Paguyuban yakin kepada Bobby Nasution yang saat ini melaksanakan amanah rakyat sebagai Wali Kota Medan meski ditengah kesibukan juga memperhatikan perkembangan seni dan budaya di Kota Medan. Dengan adanya perhatian yang diberikan pasti akan memperluas khasanah dan paham budaya kepada generasi muda,” ucapnya.

Didampingi Penasehat, Pimpinan dan Ketua Paguyuban Turonggo Siswo Mudo, Sari Wijaya, Nurjannah yang akrab dipanggil Mami, Ridho Saputra dan Aprian Syahputra, Sari Wijaya menegaskan bersama warga Kota Medan serta Kabupaten/Kota se Sumatera Utara siap mendukung dan memenangkan Bobby Nasution menjadi Gubernur Sumatera Utara.

Diakhir acara, Relawan Pasti Bobby Kota Medan, Pasti Bobby Medan Timur, Pengurus Paguyuban Turonggo Siswo Mudo dan warga Jalan Bukit Barisan meneriakan yel, yel, Pasti Bobby, menang, menang, menang, Gubernur Sumatera Utara, Bobby Afif Nasution.