Kunker Di Desa Kecamatan Saipar Dolok Hole, Bupati Tapsel; ” DD Gunakan Sebaiknya”

TAPSEL– Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM, beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke beberapa desa di Kecamatan Saipar Dolok Hole, Sabtu hingga Minggu (18/9) dalam rangka silaturahim sekaligus menampung aspirasi warga guna pembangunan infrastruktur.

Bupati dalam kunjungannya meninjau pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan tahun ini sekaligus menyapa langsung warga dan bahkan bermalam di Dusun Tambiski, Desa Silangkitang Tambiski. Warga sangat antusias bertemu dan menyapa Bupati dan rombongan.

Bupati dalam sambutannya, menyampaikan kerinduannya dan mengucapkan terima kasih atas partisipasi warga dalam menjaga suasana sejuk selama Pilkada tanggal 09 Desember 2020 lalu.

“Bahwa kita sudah sepakat untuk melanjutkan pembangunan masyarakat Tapanuli Selatan yang lebih sehat, lebih cerdas dan lebih sejahtera. Kami juga berterima kasih atas kesediaan warga untuk tetap melakukan protokol kesehatan meski daerah ini jauh dari pusat kota Sipirok”,ujar Bupati

Bupati juga bertanya kenapa di daerah ini listrik padam. Yang ia ketahui bahwa sistem elektrifikasi di Tapanuli Selatan sudah lebih dari 90%, selain melalui PLN juga bantuan pemerintah atasan berupa PLTMH. Oleh pengakuan warga salah satu komponen turbin PLTMH sedang diperbaiki ke Bandung.

Untuk itu Bupati mendorong warga desa dengan memberikan bantuan guna kelancaran perbaikan tersebut. Dolly juga menyampaikan agar warga bergotong royong untuk perbaikan-perbaikan jalan desa juga fasilitas umum lainnya.

Setelah istirahat dan bermalam, keesokan paginya sebelum pamit untuk melanjutkan kunjungan ke desa lain, Bupati berpesan ke Kepala Desa (Kades) Silangkitang Tambiski untuk menggunakan dana desa (DD) dengan sebaik-baiknya.

“Bila dimungkinkan DD untuk dapat dipergunakan dalam hal-hal yang produktif, atas kesepakatan warga, sehingga nantinya DD itu bisa bertumbuh dan berkembang sehingga menjadi kekuatan yang ada di desa,” harap Dolly.

“Dengan demikian desa yang kuat perekonomiannya merupakan hasil dari kegiatan produktif desa, dikumpul lagi oleh masyarakat yang pada akhirnya kembali dipergunakan untuk membangun (infrastruktur) jalan di desa,” terang Bupati.

“Semuanya,” ujar Bupati, “harus melewati musyawarah desa. Jika semua bertanggungjawab, ada rasa memiliki. Sehingga akan mempermudah tugas kita bersama.

“DD produktif tersebut menyebabkan warga desa mempunyai kas atau lumbung desa untuk kebaikan desa ke depan,” harapnya.

Kedatangan Bupati dilanjutkan ke kampung Huta Pohan, kampung Mandalasena Desa Pintu Padang Mandalasena, lalu diterima masyarakat di Desa Parau Sorat Sitabotabo. Warga Kampung Sitabotabo bermohon agar dapat diperhatikan fasilitas umum yang ada di dusun dan desanya.

Bupati menyatakan dalam suasana pandemi Covid-19 anggaran banyak yang dialihkan untuk penanganan Covid-19, namun Dolly bersama pemerintah Kabupaten tetap melanjutkan sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan guna pelaksanaan pembangunan secara proporsional dan dalam skala prioritas.

Dalam kujungan turut mengiring Bupati, Ketua DPRD, Kadis Pertanian, Kadis Pendidikan, Kadis PP dan KB, Kadis Perkim , Kaban Kesbangpol, Kadis Pariwisata, Kadis PMPTSP, Kaban PKPAD, Kadis Kominfo/Plt. Camat Saipar Dolok Hole dan Kabag Humas & Protokol. (Irul Daulay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *