Kunjungi Disdukcapil, Plt Wali Kota Tanjungbalai Harap Layanan Ditingkatkan

T.BALAI – Guna memastikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kependudukan, Plt Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib kunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Senin (13/9/2021).

Kedatangan Plt Wali Kota disambut Kadis Dukcapil Indra Halomoan Nasution dan jajaran. Plt Wali Kota menekankan kepada jajaran Disdukcapil Kota Tanjungbalai agar dalam pelaksanaan tugas selalu memberikan informasi dan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Saya tadi menyampaikan agar Disdukcapil terus meningkatkan efisiensi pelayanan, sistem pencatatan sipil, hingga sinkronisasi data berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta pelayanan lain baik pembuatan Kartu Keluarga (KK), KTP, Kartu Identitas Anak dan lainnya,” kata Waris Tholib.

Pelayanan pencatatan sipil, lanjut Waris, seperti cetak formulir blangko untuk pembuatan KTP dan lainnya harus diprioritaskan sehingga masyarakat yang datang kesini dapat terus dilayani dan secepatnya mendapat apa yang mereka butuhkan.

Menurutnya, pemanfaatan sarana dan prasarana yang merupakan bagian dari alat penunjang untuk pelayanan jangan sampai dinomorduakan, tetapi dimasukkan dalam skala prioritas sebagai pendukung kinerja.

Ia juga berharap kepada Disdukcapil untuk berinovasi dalam pengelolaan data berbasis NIK yang terhubung dengan data yang terintegrasi dengan OPD lain serta stakeholder lainnya. Sesuai harapan Pemerintah terciptanya satu data yang terintegrasi yang terkait dengan pembaruan pendataan masyarakat, pungkasnya. (Kurniawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *