Kenang Jasa Pahlawan, Lapas P.Sidimpuan Gelar Ziarah Tabur Bunga Ke TMP

P.Sidimpuan | Jelajahnews.id – Dalam rangkaian Peringatan Hari Pengayoman ke-79, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB P.Sidimpuan (Psp) gelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kota P.Sidimpuan, Jumat, 09/08/2024.

Kalapas, Japaham Sinaga mengungkapkan bahwa upacara Ziarah dan tabur bunga ini bukan hanya sekedar seremonial, tapi juga menjadi momen untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk mendirikan bangsa dan negara termasuk juga pahlawan-pahlawan.

Selain pahlawan- pahlawan bangsa ataupun pemikir-pemikir di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia yang telah memberikan terobosan-terobasan yang baik untuk menciptakan hukum yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Ziarah dan tabur bunga ini sebagai bentuk penghormatan bagi para pahlawan yang telah berjasa bagi negeri,” ungkapnya.

Rangkaian upacara tabur bunga ini diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin langsung oleh Kalapas selanjutnya mengheningkan cipta dilanjutkan dengan pembacaan doa dan ditutup dengan tabur bunga oleh seluruh peserta upacara.

Japaham Sinaga menambahkan giat ini penting karena kita sebagai generasi penerus agar tetap mengingat dan menghormati jasa para Pejuang Bangsa.

“Terimakasih kepada para pejuang Bangsa yang telah gugur untuk memerdekakan negara, semoga kita dapat mengisi kemerdekaan ini dengan hal yang bermanfaat untuk bangsa dan negara,” tutupnya.

Terakhir Kalapas menyampaikan ucapan selamat untuk insan Pengayoman dalam memperingati Hari Pengayoman ke-79, Kemenkumham mengabdi untuk negeri menuju Indonesia Emas 2045. (JN-Irul)