Isu Culik Anak di Sidempuan Hoaks, Ini Imbauan Kasat Reskrim Polres

SIDEMPUAN : Isu yang beredar penculikan anak, menjadi heboh dan membuat khawatir di kalangan masyarakat kota Padang Sidempuan, sehingga Polres Kota Padang Sidempuan menghimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan isu belum pasti kebenaranya.

Seperti baru-baru ini sempat viral suara seorang wanita yang beredar di medsos, yang mana dalam percakapan menyebutkan bahwa ada penculikan anak di Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Psp Selatan kota Padang Sidempuan.

Menyikapi hal itu, Kapolres Padang Sidempuan AKBP Dwi prasetyo Wibowo melalui Kasat reskrim AKP Maria Marpaung menegaskan bahwa terkait kejadian tersebut adalah hoax atau tidak benar kejadian itu.

“Sampai saat Ini personel kami semua masih di lapangan untuk melakukan penyelidikan dan sampai saat ini belum ada di temukan atau laporan masyrakat tentang penculikan anak,” ungkapnya.

Kasat Reskrim juga menegaskan, pihaknya sudah koordinasi dengan seluruh Lurah di wilayah hukum Polres Padang Sidempuan bahwa tidak ada kasus penculikan anak.

“Kami sudah koordinasi dengan seluruh Lurah, kepala Desa dan camat yang ada di wilayah Hukum polres Padang Sidempuan bahwa tidak ada kasus penculikan anak,” ungkap AKP Maria.

Kasat mengimbau masyarakat, agar tidak mudah percaya terhadap berbagai berita atau isu yang muncul di Medsos (Media Sosial), serta jangan tergesa-gesa men-share ulang apabila belum jelas atau belum pasti kebenarannya.

Hal itu, sambung AKP Maria, karena dapat merugikan semua pihak. Untuk itu, segenap lapisan masyarakat harus meneliti dan menseleksi terlebih dahulu terhadap berbagai berita atau isu yang muncul di Medsos, sebelum dishare ulang.

Sementara Kepala Desa di Pudun Julu Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua Ginda Harahap menyatakan bahwa Informasi tersebut Hoax.

“Saya sudah berkoordinasi dengan seluruh warga dan perangkat Desa Pudun Julu bahwa tidak ada penculikan anak di Desa kami setelah di informasikan di media sosial, ” jelasnya saat di temui oleh KBO Reskrim Polres Psp Ipda Andika sembiring bersama awak media, Sabtu (4/2/2023) malam

Kades Pudun Julu bersama pihaknya sudah koordinasi dengan pihak Polsek Batunadua dan Satreskrim Polres Padang Sidempuan untuk menyikapi hal tersebut, dan setelah melakukan pengecekan sama sekali tidak ada.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat khususnya Desa untuk tetap waspada dan menjaga anak-anaknya, karena dengan kita tetap waspada maka bisa terwujudnya keamanan dan ketertiban,” imbau Ginda Harahap.

Hal senada juga dikatakan Kepala lingkungan (Kepling) I Salpian Siregar bersama Kepling II Nasruddin Ritonga Kel. Padang Matinggi Kec. Psp Selatan bahwa Informasi penculikan anak itu Sesat dan Hoaks dan meminta kepada seluruh masyarakat jangan panik atas informasi itu, karena itu tidak benar.

“Kita pun juga hati-hati, jangan sampai ada kejadian di mana orang tidak bersalah menjadi korban pengeroyokan lantaran adanya isu penculikan anak ini,” tandas kedua Kepling ini saat ditemui. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *