Gelar Pelantikan, Ketua Terpilih Sebut Kahmi Independen Meski Diisi Politisi

P.Sidimpuan|Pengurus Majelis Daerah (MD) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) dan Forum HMI-Wati (Forhati) Kota Padangsidimpuan (Psp) periode 2024-2029 dilantik.

Pelantikan tersebut diawali dengan doa bersama yang digelar di Gedung Adam Malik, Senin (05/02/2024), sekira pukul 08:00 Wib.

Diketahui, berdasarkan SK 030/A/SK/MW-Kahmi-SU/I/2024, Ketua Kahmi P.Sidimpuan terpilih yakni, Pertama Yul Asmara Pane, sebagai Sekretaris Umum, Abdul Aziz Nasution, dan Bendahara Umum, Hotman Saut Maruli Tua.

Sementara, berdasarkan surat bernomor SK 028/SK/MWForhatiSumut/II/2024 Ketua Forhati P.Sidimpuan terpilih, Yuyun, sebagai Sekretaris,Tety Sumarni Marpaung dan Bendahara, Zulhafni Marijah.

Dikesempatan itu, Ketua Panitia Muktar Helmi Nasution mengatakan pelantikan MD sebagai awal titik di Kota Padangsidimpuan bertepatan di HUT HMI menuju Sidimpuan Mantap mewujudkan tatanan masyarakat yang Cendikia.

“Berbagai pertimbangan, semangat Yakin usaha sampai. Kita tetapkan tanggal 5, kita sampaikan ke MW Kahmi untuk pelantikan ini,” paparnya.

Diakhir sambutanya mengatakan, ia dengan pengurus Kahmi dan Forhati khususnya di daerah Kota Padangsidimpuan akan selalu ingat atas bimbingan dari Ketua Umum Demisioner.

“Bimbingan dari Ketum Demisioner tidak akan kami lupakan menjadi pedoman ke depannya,” ungkapnya.

Ketua Dewan Penasehat Dr Khoiruddin Nasution dalam sambutanya mengatakan, malam sekaligus memperingati HUT HMI ke 77 ini, dirinya yakin bahwa yang dilantik masih keturunan Lafran Pane, pendiri HMI.

Yang paling menyentuh, kata Khoiruddin, dengan waktu yang mepet dan kondisi politik yang dinamis, di hari kelahiran HMI ini ternyata pelantikan bisa dilakukan berkat dukungan Pemko Psp di Gedung Adam Malik.

Berkaitan dengan Adam Malik, Khoiruddin bercerita, bahwa nama itu memiliki hubungan dengan HMI. Adam Malik tokoh Partindo, saat itu menjadi Kordinator Sumatra pernah dipenjara di Padangsidimpuan dekat kantor Camat Padangsidimpuan Utara.

“Pada saat Belanda menjajah, sangat dilarang rapat umum. Saat itu Adam Malik turun dari Siantar menuju ke Sipirok bertemu dengan Panguraban Pane yang mana Pangurabaan pane saat itu kordinator cabang Partindo,” ceritanya

Pangurabaan Pane merupakan ayah Lafran Pane. Dan darah perjuangan itu telah mengakar dari sini. Dari hal ini, ia menyebutkan, dimanapun berikrar, menjaga dan menjujung tinggi ke Indonesiaan. Satu Indonesia walaupun berbeda-beda. Akan lebih baik lebih bermanfaat bagi kota Padangsidimpuan dan bagi ummat pada umumnya.

Pertama Yul Asmara Pane dengan sambutannya menyebutkan, Kahmi tidak berafiliasi partai politik. Kahmi memiliki Indepedensi. Walaupun yang berada di Kahmi itu mengisi posisi-posisi strategis di Parpol.

Bahkan, kata Pertama, banyak anggota Kahmi itu ikut di dalam konstetasi perebutan caleg. Ia juga menyebut beberapa nama yang merupakan ASN.

Disebutkannya, bahwa Kolaborasi di dalam Kahmi ini sangat sayang bila tidak bersinergi dengan Pemko Psp dalam rangka mensejahterakan masyarakat Kota P.Sidimpuan.

Mewakili Pj Wali Kota Psp Asisten III Setda Muhammad Junaidi menyebutkan, dengan kehadiran Kahmi dan Forhati akan bersinergi denhan pemko P.Sidimpuan,

“Kami mengucapkan terimakasih dan mengucapkan selamat Hut HMI ke 77.

MD Kahmi diharapkan dapat bersama Pemko Psp untuk mesejahterakan masyarakat kota Psp yang kita cinta ini Selamat bekerja, selamat berkarya untuk kota Psp,” ucapnya.

Ketua MW Kahmi Sumut diwakili Riza Fakhrummi Taher mengatakan, salah satu kebahagiaan ketua atau pemimpin jika ia berhasil melakukan regenerasi.

“Alhamdulillah musda MD Kahmi Psp sebulan lalu sangat baik. Proses pelantikan ini juga berjalan cepat,” ujarnya

Dijelaskanya, Kahmi ini ormas yang independen. Karena indenpenden, tidak hanya aktif di politik, di pemerintahan, di TNI juga ada dan di Polisi juga ada.

“Jangan khawatir dengan Kahmi. Kahmi tidak akan pernah menyatakan dirinya mendukung si A, si B, si C. Karena banyak anggotanya berbeda beda pandangan politik.

“Saya ingin jejak-jejak yang ditinggal saudara KN, itu dijaga Yul Asmara Pane. Bagaimana kita membina harmoni, bagaimana kita menjaga kebersamaan,” katanya.

Terakhir Riza mengimbau kepada pengurus Kahmi dan Forti agar menjaga keamanan dan kondusifitas. Kondisi politis yang semakin dinamis.

“Saya mengimbau kepada pengurus agar menjaga keamanan dan kondusifitas. Jangan gara-gara beda pilihan jadi ribut,” tandasnya. (JN-Irul)