Disnaker Tapsel Buka Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue Secara Gratis

TAPSEL– Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker ) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) bekerjasama dengan Kementerian RI terkait membuka pelatihan pembuatan roti dan kue secara gratis di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) di Siharang Karang, Kota Padang Sidempuan, Selasa (17/1).

Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu mengatakan, bahwa pelatihan Tata Boga Tahun 2022 di laksanakan pada 3 gelombang, gelombang pertama di BLK Tapsel sebanyak 16 orang.

Sedangkan 2 gelombang lainnya yaitu di Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batang Toru sebanyak 16 orang dan Kelurahan Baringin Kecamatan Sipirok sebanyak 16 orang dengan jumlah peserta secara keseluruhan dari 3 gelombang sebanyak 48 orang.

Saat ini, kata Dolly, sudah ada peserta pelatihan tata boga yang telah membuka rumah produksi bakery dan cake di Kelurahan Baringin Kecamatan Sipirok dan rumah produksi bakery dan cake di Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batang Toru. Sementara tahap proses pengurusan perizinannya sudah di daftarkan pada katalog elektronik (e-katalog).

“Kami menginginkan usaha-usaha masyarakat seperti ini terus tumbuh, dan berkembang sehingga bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat, ujarnya.

Oleh karena itu, Sambung Dolly, bagi yang berminat untuk memiliki usaha di bidang kuliner cake and bakery dengan menyediakan cita rasa kue-kue yang enak, mari bergabung di Tata Boga Tapsel untuk mengikuti pelatihan pembuatan roti dan kue secara gratis.

Sementara itu Kepala Disnaker Ahmad Raja Nasution mengatakan, pelatihan pembuatan roti dan kue untuk gelombang pertama pada bidang kuliner untuk Tata Boga sebanyak 18 orang.

“Pelatihan ini bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja RI Tahun Anggaran 2023. Nantinya seluruh peserta yang telah mendaftar dan di terima akan di latih di Balai Latihan Kerja Tapsel yang beralamat di Siharang Karang, Padang Sidempuan,” ungkapnya.

Pelatihan tersebut memberikan kesempatan yang cukup baik dan berharga bagi masyarakat Tapsel khususnya untuk mendapatkan bekal ilmu demi kehidupannya masing-masing ke depan (berdikari).

“Selain mendapat pelatihan gratis, selama mengikuti pelatihan pada bidang tata boga (pembuatan kue dan roti) di beri juga uang saku di samping akomodasi lainnya,” tambahnya.

Untuk lebih jelasnya bagi yang berminat agar mendaftar untuk mengikuti pelatihan dan menghubungi pihak panitia dengan nomor kontak (0821 7041 7633 atau 0813 7722 1201 serta 0812 9927 3567) sebab kuota dan waktu mendaftar terbatas. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *