Cegah Kanker Rahim Sejak Dini, Camat Psp Batunadua Ajak Ibu-ibu Program IVA Test


P.SIDIMPUAN: Untuk mencegah kanker rahim, Camat Padangsidimpuan (Psp) Batunadua, Robiul Harahap, S.Sos bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan (Kec) Psp Batunadua mengajak ibu-ibu untuk mendukung program Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA Test) sejak dini.

Dari program PKK, kita ditunjuk dari provinsi Sumatera Utara (Sumut) dalam perlombaan beberapa kegiatan tentang IVA Test, tujuanya adalah memberikan pelayanan pemeriksaan Kanker rahim salah satunya penyakit nomor dua yang membahayakan perempuan, ujar Camat pada awak media, Jum’at (08/0/10/21) di ruang kerjanya.

Jadi, kata Camat, kita di tunjuk Kecamatan ini yang dominasinya PKK Forkopincam untuk menggerakan ini ke desa dan kelurahaan yang di buat target berapa usia pasangan subur dengan usia subur 30 sampe 50 tahun yang kita periksa masalah gejala kanker rahim.

Pemeriksa kita adalah duta-duta kita desa perpanjangan tangan kita, yang kita bawa dinas kesehatan, puskesmas. Jadi ibu PKK Kecamatan membuat perwakilan -perwakilan mereka di desa untuk menjumpai perkumpulan-perkumpulan ibu-ibu seperti pengajian, supaya IVA Test ini kita laksanakan di desa dan Kelurahaan khususnya di Kec. Psp Batunadua untuk ibu-ibu yang sudah menikah.

“Bila mana ada gejala, kita akan rekomendasikan ke dinas Kesehatan, Alhamdulillah sampai saat ini dari 3.800 target kita 70% sudah tercapai. Alhamdulillah belum ada gejala yang terimbas tentang IVA Test itu, boleh dikatakan masih Steril,” ujarnya

Tetapi, kata Camat, kita juga dari bulan ini sampai bulan 12 masih mengejar bagaimana presentasi itu mencapai 90% kalau bisa 100% sampai di bulan Desember, lanjutnya.

Kita mengimbau ke seluruh perangkat Desa dan pemangku kepentingan (Stockholder) termasuk bidan desa dan petugas di desa supaya mendukung kegiatan ini karena kegiatan ini termasuk kegiatan sosial yang bagus juga, dan kegiatan ini di perlombakan ditingkat provinsi Sumut jadi di tanggal 6 udah turun tim monitoring se-Sumut.

Kita berharap kedepannya Kecamatan lain di ikut sertakan juga karena ini sangat bagus untuk melindungi masyarakat dari penyakit kanker seperti kanker rahim, kanker serviks dan kanker payudara, tandasnya Camat Psp Batunadua.

Ketua TP PKK , Elida menyambut baik program IVA Test deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara tersebut. Ia juga mengingatkan pada kaum perempuan, untuk aktif mengechek kesehatan.

Selain itu, Elida juga mengajak untuk terus membiasakan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

“Kegiatan seperti ini sangat positif untuk menjaga kesehatan ibu-ibu semua. Penyakit ini tidak bisa dirasakan kecuali stadium tinggi, maka dari itu harus sedini mungkin kita cegah,” imbau Elida Ketua TP PKK Kec. psp Batunadua.

Sebelumnya, Wali kota P.sidimpuan Irsan Efendi Nst, SH mengajak stockholder khususnya di Kecamatan Psp Batunadua untuk bersama memberi kontribusi dalam mendukungan penuh pada TP PKK yang sedang bersiap untuk perlombaan IVA Test tingkat Provinsi Sumut sebagai perwakilan untusan kota P.sidimpuan.

Karena itu para Kepala Desa, lurah, ibu-ibu PKK, Kepala Sekolah, dan para pimppinan para pengusaha di minta mendukung program ini. IVA Test adalah langkah dalam mencegah kanker rahim bagi pasangan subur.

Wali kota juga mengimbau kepada Dinas Kesehatan dan jajaranya, Kominfo untuk disebar luaskan program IVA Test ini, karena dengan langkah kongkrit ini penduduk kota P.sidimpuan terhindar dari kanker rahim dan kanker payudara. (Irul Daulay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *